Tuesday, November 3, 2009

urgensi pernikahan

Allah dalam menciptakan makhluknya selalu berpasang-pasangan. Manusia yang menjadi makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna juga diciptakan berpasangan. Hal ini, merupakan indicator bahwa berpasang-pasangnya manusia juga salah satu suunatullah. Berpasanganya anatar manusia satu dengan yang lainnya ini selanjutnya disebut sebagai pernikahan. Pernikahan inilah yang salah satu yang membedakan antara manusia sebagai makhluk Tuhan dengan yang lainnya. Maka sangat diperlukan dalam pernikahan itu berbagai aturan-aturan dalam pernikahan, tidak hanya sekedar menjalin hubungan, akan tetapi lebih dikuatkan jalinan hubungannya. Sebagaimana yang dijelaskan dalam firman Allah dalam Surat ar-Ruum Ayat 21 yang berbunyi:
“Diantara tanda-tanda kebesaran Tuhan adalah bahwa dia telah menciptakan pasangan bagi kamu dari bahan yang sama agar kamu menjadi tenteram bersamanya. Dia menjadikan kamu berdua saling menjalin cinta (mawadah warohmah) pelajaran yang berharga bagi orang-orang yang berfikir.” (Q.S. Al Rum: 21)
Pernikahan merupakan salah satu kebutuhan umat manusia. Pernikahan juga merupakan salah satu sunnah Rasul yang mana para nabi sebelum Nabi Muhammad juga melakukan pernikahan. Bahkan, dari golongan selain islam, pernikahan juga sangatlah dianjurkan.oleh sebab itu, pernikahan sangatlah urgen dalam kehidupan umat manusia.
Dengan adanya pentingnya suatu pernikahan, maka dari masa dahulu sampai sekarang, setiap manusia membutuhkan nikah. Akan tetapi, pernikahan dari masa ke masa aturannya sangtlah berbeda-beda. Maka tidak heran jika sutu pernikahan ini mengandung nilai sakral spiritual yang sangat tinggi. Hal ini, mengindikasikan bahwa akad nikah merupakan salah satu akad antar manusia yang mempunyai nilai yang sangat kuat. Oleh karena itu, pada setiap agama bahkan setiap adat akad pernikahan mempunyai aturan dan tradisi yang berbeda-beda. Dengan adanya perbedaan inilah, pernikahan menjadi hal yang sangat subtansial dalam kehidupan manusia.
Melihat dengan adanya perbedaan dalam aturan dan tradisi dalam akad nikah pada setiap waktu, daerah dan bahkan dalam agama, maka dapat menarik perhatian untuk dipelajari. Sebenarnya, jika dalam hokum islam akad pernikahan sudah diatur dalam Al-Qur`an dan as-Sunnah mulai dari masalah rukun pernikahan sampai masalah syarat sahnya pernikahan.
Akan tetapi, didalam akad pernikahan itulah pada mayarakat jawa khususnya, mayoritas terdapat berbagai tradisi yang mana dalam hokum islam tidak dijelaskan, seperti halnya pembacaan syahadat yang dilakukan oleh orang yang menikahkan (wali, maupun pengganti wali/naibul wali) yang kemudian ditirukan oleh kedua belah pihak yang dinikahkan (calon suami-isteri), dan juga seperti berjabat tangan antara orang yang menikahkan dengan orang yang dinikahkan.

5 comments:

  1. bener banget tuh..jadi kita boleh pacaran ya...kan kalau gak pacaran kasihan pasangannya..soalnya manusia diciptakan berpasang-pasangan,,gimna mas tanggapannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASSALAMU ALAIKUM WR,WB.
      PERKENALKAN NAMA SAYA MBAK DEWI DULUNYA SAYA LAGI BINGUN BANGET KARNA SAYA LAGI MENGALAMI COBAAN HIDUP YANG TAK KUNJUNG USAI,SAYA HAMPIR SAJA BERBUAT NEKAT,PERBUATAN YANG SANGAT DIBENCI OLEH ALLAH YAITU BUNUH DIRI,SEMUA ITU AKIBAT BATIN SAYA YANG SANGAT TERTEKAN,PADAHAL SAYA MASIH MEMPUNYAI ANAK YANG MASIH KECIL2 YANG SEHARUSNYA DAPAT KASIH SAYANG ORANG TUA SEUTUHNYA,NAMUN KARNA KONDISI YANG SERBA KEKURANGAN MEMBUAT ANAK SEPERTI KURANG TER URUS,DALAM KALUTNYA SAYA COBA BUKA2 INTERNET DAN DISITULAH SAYA MELIHAT KOMENTAR PARA PEMENANG YANG SAAT INI SUDAH BERHASIL, NOMOR EYANG JOYO KARTOYO..MAAF SAYA CURHAT DENGAN ANDA,ORANG YANG BELUM SAYA KENAL SAMA SAYA,SEPERTI KOMENTAR2 PADA ANDA LEWAT INTERNET, DAN DISITULAH SAYA MENCOBA MENGHUBUNGI EYANG JOYO KARTOYO DAN KEMUDIAN SAYA MEMINTA REJEKI KEPADA BELIAU, DAN ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA ITU SEMUA BERKAT BANTUAN EYANG JOYO KARTOYO MEMBERIKAN ANGKA RITUAL KEPADA SAYA, DAN BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI EYANG JOYO KARTOYO DI NOMOR 085-211-977-346 NOMOR RITUAL EYANG JOYO KARTOYO MEMANG TIDAK DUANYA DIJAMIN 100% TEMBUS

      Delete
    2. ASSALAMU ALAIKUM WR,WB.
      PERKENALKAN NAMA SAYA MBAK DEWI DULUNYA SAYA LAGI BINGUN BANGET KARNA SAYA LAGI MENGALAMI COBAAN HIDUP YANG TAK KUNJUNG USAI,SAYA HAMPIR SAJA BERBUAT NEKAT,PERBUATAN YANG SANGAT DIBENCI OLEH ALLAH YAITU BUNUH DIRI,SEMUA ITU AKIBAT BATIN SAYA YANG SANGAT TERTEKAN,PADAHAL SAYA MASIH MEMPUNYAI ANAK YANG MASIH KECIL2 YANG SEHARUSNYA DAPAT KASIH SAYANG ORANG TUA SEUTUHNYA,NAMUN KARNA KONDISI YANG SERBA KEKURANGAN MEMBUAT ANAK SEPERTI KURANG TER URUS,DALAM KALUTNYA SAYA COBA BUKA2 INTERNET DAN DISITULAH SAYA MELIHAT KOMENTAR PARA PEMENANG YANG SAAT INI SUDAH BERHASIL, NOMOR EYANG JOYO KARTOYO..MAAF SAYA CURHAT DENGAN ANDA,ORANG YANG BELUM SAYA KENAL SAMA SAYA,SEPERTI KOMENTAR2 PADA ANDA LEWAT INTERNET, DAN DISITULAH SAYA MENCOBA MENGHUBUNGI EYANG JOYO KARTOYO DAN KEMUDIAN SAYA MEMINTA REJEKI KEPADA BELIAU, DAN ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA ITU SEMUA BERKAT BANTUAN EYANG JOYO KARTOYO MEMBERIKAN ANGKA RITUAL KEPADA SAYA, DAN BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI EYANG JOYO KARTOYO DI NOMOR 085-211-977-346 NOMOR RITUAL EYANG JOYO KARTOYO MEMANG TIDAK DUANYA DIJAMIN 100% TEMBUS

      Delete
  2. mas blog mahasiswa nya kok gak ada tanggapan sama sekali itu gimana..kasihan yang udah comment keburu basi ......kalu bisa blogs mahasiswa tuk ajang sharing,,

    ReplyDelete
  3. Info ini alamat blog ku yang sekarang....

    ReplyDelete